Menganalisa hasil ujian siswa adalah hal yang perlu dilakukan oleh guru guna mencari informasi tentang ketercapaian siswa dalam memahami materi pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk kegiatan ulangan akhir semester (UAS) saja, namun berbagai macam ulangan seperti UH, UTS, UAS dan UKK perlu dianailis.

Guru menganalisa soal satu persatu sesuai dengan bobot dan kesukaran soal. Setiap soal didapatkan dari berbagai indikator yang sudah disampaikan dalam materi pelajaran. Dengan menganalisa butir soal maka akan diketahui materi mana yang belum tuntas dipelajari oleh siswa tersebut.

Dengan menggunakan Aplikasi Analisis Soal ini guru dapat dengan meudah menghitung ketuntasan belajar siswa. Aplikasi ini berfungsi untuk bentuk soal Pilihan Ganda (PG) Isian singkat dan Uraian. Guru setelah menganalisa soal maka dapat ditemukan siswa yang telah tuntas dan belum tuntas dalam menguasai meteri pembelajaran.

Siswa yang belum tuntas menguasai materi pembelajaran maka akan dilaksanakan perbaikan atau remedial. Fungsi remedial adalah terus menggali dan menyajikan berbagai macam bentuk kegiatan siswa demi mencapai ketuntasan dalam belajar. Silahkan di bawah ini beberapa aplikasi analisis soal UAS yang bisa ibu bapak dapatkan.

Aplikasi Analisis Soal UAS PG, Isian, dan Uraian

Posting Komentar

 
Top