Raport merupakan informasi hasil penilaian oleh guru dengan menggunakan kriteria kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Ketiga kompetensi tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran predikat dan deskripsi hasil pembelajaran peserta didik. 
Raport TK dan PAUD Download Gratis

Raport juga dapat dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan kemajuan hasil belajar peserta didik. Rapor disusun berdasarkan prinsip sebagai berikut:
  1. Objektif, berarti laporan hasil penilaian berbasis pada standar dan kriteria yang telah ditetapkan serta tidak terpengaruh faktor subjektivitas penilai.
  2. Akuntabel, berarti laporan hasil penilaian dapat dipertanggungjawaban kepada pihak internal sekolah maupun eksternal.
  3. Transparan, berarti penentuan standar, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dalam laporan hasil kompetensi peserta didik dapat diakses oleh peserta didik dan orangtua.
  4. Informatif, berarti laporan hasil penilaian harus mampu memberikan informasi hasil pencapaian kompetensi dengan jelas, tepat dan akurat.
Raport TK/PAUD salah satu raport awal yang mungkin diterima oleh orang tua murid yang bisa dilihat dan dibandingkan sejauh mana peran pendidik dan orang tua dalam mengajakan anaknya. 

Disini saya mempostingkan Contoh Format Raport TK dan PAUD yang bisa guru diunduh sebagai rancanagan gambaran dalam pembuatan hasil penilaian belajar anak. 

Posting Komentar

 
Top