RPP SBK SD Kelas 1 - 6  KTSP  Semester 1 dan 2 : Untuk pegangan dalam waktu yang lebih pendek, guru harus membuat rencana/satuan pembelajaran. Rencana pembelajaran adalah satuan atau unit program pembelajaran terkecil untuk jangka waktu mingguan atau harian yang berisi rencana penyampaian suatu pokok atau satuan bahasan tertentu dalam satu mata pelajaran. 

Isi dan alokasi waktu tergantung pada sertiap rencana pembelajaran luas dan sempitnya pokok/satuan bahasan yang dicakupnya. Misalnya, satu pokok/satuan bahasan yang menbutuhkan waktu hanya 2 jam pelajaran mungkin bisa selesai diajarkan dalam satu kali pertemuan saja. Tetapi pokok/satuan bahasa yang membutuhkan waktu 4 jam pelajaran perlu disampaikan dalam dua kali pertemuan.

RPP SBK KTSP untuk SD/MI
RPP SBK KTSP untuk SD/MI

Komponen-komponen rencana/satuan pembelajran ini lebih terperinci dan lebih spesifik dibandingkan komponen-komponen dalam silabus. Bentuk rencana pembelajaran yang dikembangkan pada berbagai daerah atau sekolah mungkin berbeda-beda, tetapi isi dan prinsifnya harus sama. 

Unsur-unsur pokok yang terkandung dalam rencana/satuan pembelajaran meliputi berikut ini :
  1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  2. Kompetensi dasar dan indikator-indikator yang hendak dicapai.
  3. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
  4. Strategi pembelajaran ( kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan ,ateri pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan indikator.
  5. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuia dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  6. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa serta rindak lanjut hasil penilaian.
Bagi saudara yang membutuhkan RPP SBK  silahkan !

Posting Komentar

 
Top