Berkas Program Kerja Guru dan Wali Kelas

Program Kerja Guru dan Wali Kelas Versi Words.DocBerkas Program Kerja Guru dan Wali Kelas - Program Kerja Wali kelas ini disusun sebagai  pedoman  atau  pegangan  wali kelas untuk mengelola kelas secara baik dan terarah  guna meningkatkan dan menunjang keberhasilan  siswa  dalam menempuh pendidikan di sekolah. Wali kelas sebagai orang tua siswa di sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan dan menyelesaikan masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya program kerja ini diharapkan kelas menjadi tempat yang nyaman, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

Latar  Belakang 
Undang-Undang  Republik Indonesia Nomor 20  tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan  Nasional  ( Sisdiknas )  menetapkan  bahwa  tujuan Pendidikan  Nasional   adalah untuk berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar menjadi manusia  yang beriman dan bertaqwa  kepada  Tuhan Yang  Maha  Esa dan  berbudi pekerti  luhur,  berakhlak mulia, sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri  dan  menjadi warga  Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk  mewujudkan  tujuan  di  atas  maka  peranan  Kepala sekolah  memiliki  nilai yang sangat strategis, sebab  secara   langsung   maupun   tidak   langsung,  Wali Kelas sebagai  perencana (planning)  mempunyai   tugas  dan  tanggung jawab  yang  sangat besar, khususnya dalam  upaya peningkatan hasil  belajar  siswa. Tanggung jawab wali kelas yang  diberi  tugas  untuk membimbing dan memotivasi siswa agar  dapat  belajar dengan hasil yang baik dan maksimal         

Maksud dan tujuan dari Pembuatan Program Kerja Guru & Wali Kelas diantaranya sebagai: 
  1. Sebagai sarana perencanaan program penataan kelas 
  2. Sebagai sarana program pelaksanaan K-6 
  3. Sebagai alat pembinaan dan pendidikan siswa 
  4. Sebagai alat untuk Evaluator 
  5. Sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan serta kebangsaan 
  6. Sebagai bahan evaluasi Tupoksi Wali Kelas
Download

Posting Komentar

 
Top