Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan proses dan langkah pembelajaran. Tujuan disusun RPP tersebut untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah diterapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. 

RPP KTSP SD/MI

RPP merupakan komponen penting dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional. Tugas guru yang paling utama terkait dengan pembelajaran harus bisa menyusun dan membuat RPP.

Dalam pengembangan RPP, guru diberi kebebasan untuk mengubah, memodifikasi, dan menyesuaikan silabuss dengan kondisi sekolah dan daerah, serta dengan karakteristik peserta didik. Hal ini harus dipahami dan dilakukan oleh guru.

Dalam KTSP, guru diberikan kewenangan secara leluasa untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan karekteristik dan kondisi sekolah, serta kemampuan guru itu sendiri dalam menjabarkannya menjadi rancana pelaksanaan pembelajaran yang siap dijadikan pedoman pembentukan kompetensi peserta didik. 

Agar guru dapat membuat RPP yang efektif, yang berhasil guna, dituntut untuk memahami aspek yang berkaitan dengan hakikat, fungsi, prinsif, dan prosedur pengembangan, serta cara mengukur efektifitas pelaksanaanya dalam pembelajarannya.
Dengan demikian untuk membantu bapak/ibu guru dalam membuat dan mengembangkan RPP di sekolahnya masing-masing, File di atas tersebut saya membagikan Lengkap dan Full Gratis yang mungkin diperlukan oleh bapak/ibu guru sekalian. 

Posting Komentar

 
Top